Friday, March 22, 2013

Tugas seorang RAMP DISPACHTER


Tugas seorang RAMP DISPACHTER ?

1.      TUJUAN
Agar segala aktifitas yang dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan selama pesawat di darat dapat berlangsung dengan aman, tertib dan teratur sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku.
2.      LINGKUP
Berlaku bagi setiap petugas Ramp (Ramp Dispatcher) sebagai panduan dalam melaksanakan aktifitas keseharian.
3.   REFERENSI :
o       Airport Handling Manual ( IATA) 1998
o       Station Handling Manual
4.   TANGGUNG JAWAB :
·        Manager Operasi, Kadin Apron terkait (sesuai dengan Struktur Organisasi Cabang)   bertanggung jawab agar setiap aktifitas pesawat di darat baik untuk keberangkatan maupun kedatangan dapat berlangsung sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku.
·        Setiap petugas Ramp Dispatcher bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengkoordinasikan segala aktifitas ramp berkaitan dengan keberangkatan ataupun kedatangan pesawat.
5.   PROSEDUR :
o       Memeriksa persiapan semua perlengkapan kerja dan data-data sebagai berikut :
Q Radio komunikasi (HT dalam kondisi berfungsi dengan baik atau tidak)
Q Transportasi ramp (harus dalam kondisi berfungsi dengan baik)
Q Ramp check list
Q No penerbangan
Q Registrasi pesawat
Q Posisi parkir peswat
Q Type pesawat
Q Jumlah fuel
Q Jumlah penerbangan dan PBS (VIP, CIP, STRC Case dan kursi roda)
Q Pemesanan catering
Q Cargo (kondisi dan atau pelaksanaan pengepakannya)
Q Crew (jumlah crew aktif untuk masing-masing tipe pesawat)
o       Mengikuti briefing sebelum menjalankan aktifitas Ramp Handling.
o       Memeriksa dan mengkoordinasikan terhadap semua telex yang masuk yang berkaitan dengan operasi penerbangan yang akan ditangani.
o       Berkoordinasi dengan Departure Control mengenai estimasi waktu kedatangan maupun waktu keberangkatan pesawat.
o       Memastikan informasi jumlah awak pesawat yang aktif maupun tambahan.
o       Berkoordinasi dengan unit-unit terkait untuk memastikan kesiapan proses handling yang akan dilakukan.
o       Berkoordinasi dengan :
Q   Awak Kokpit / Kabin
Q     Petugas Boarding Gate untuk meyakinkan bahwa semua penumpang telah siap dipintu keberangkatan (boarding gate)
Q     Petugas penanganan kargo
Q     Petugas teknik di darat
Q     Operator GSE
Q     Petugas Catering
Q     Load Master
Q     Load Control
Q     Petugas Cabin Cleaning (cleaning service)
Q     Petugas Loading Unloading
Untuk meyakinkan bahwa pelaksanaan dilaksanakan sesuai dengan permintaan dan prosedur yang ada.
    • Menginformasikan ke unit-unit terkait sesegera mungkin apabila terjadi sesuatu diluar kebiasaan (irregularities)
    • Berkoordinasi dengan Cockpit / Cabin crew berkaitan dengan waktu mulainya pelaksanaan boarding
    • Mengkoordinasikan dengan petugas teknik/perawatan pesawat berkenaan dengan kondisi pesawat dan menginformasikan segera ke unit-unit terkait apabila terjadi perubahan waktu atau delay karena alasan teknik
    • Senantiasa berhubungan dengan petugas teknik untuk mengetahui secara persis lama waktu perryelesaian yang dibutuhkan untuk perbaikan pesawat dan segera menginformasikan kepada seluruh unit terkait agar dapat melakukan persiapan-persiapan yang dibutuhkan
    • Memastikan jumlah bahan bakar (fuel) yang diisikan ke pesawat dan menandatangani kolom isian pada form “Fuel Order” setelah proses refueling selesai
    • Memastikan bahwa proses refuelling berlangsung dan selesai pada rentang waktu yang ditentukan
    • Memeriksa dan memonitor aktivitas yang ada di sisi pesawat dan mempastikan bahwa proses bongkar muat selesai dalam rentang waktu yang ditentukan
    • Menginformasikan ke unit terkait perihal berat aktual dari bagasi, pos, kargo, ataupun muatan khusus lainnya (penumpang transit dll.)
    • Memeriksa dan memonitor jumlah aktual meal yang masuk (Catering Uplift)
    • Memastikan bahwa jumlah meal yang masuk sesuai dengan jumlah total penumpang
    • Memonitor proses pelaksanaan Cabin Interior Cleaning mulai dari waktu pelaksanaan sampai dengan kesiapan Cabin untuk proses boarding penumpang
    • Memeriksa kelengkapan Flight Document serta memastikan bahwa semua dokumen telah lengkap dan berada di pesawat paling lambat ETD-10 berupa :
Q Passenger Manifest
Q Cargo Manifest
Q General Declaration
Q Load sheet
·        Berkoordinasi dengan petugas boarding gate untuk memutuskan kesiapan pelaksanaan boarding
·        Berkoordinasi dengan Check-in Counter dan load control untuk memutuskan kemungkinan penambahan penumpang (stand by passenger / late check-in)
·        Memonitor proses transportasi penumpang apabila pesawat diparkir di Remote Area
·        Memonitor secara lengkap dan komprehensif segala aktivitas yang dilakukan pada saat handling pesawat dan mengisikan data akuratnya ke form “Ramp Handling Check List” dengan lengkap dan benar
·        Memastikan bahwa ETD-10 tidak ada aktivitas disisi pesawat
·        Memastikan bahwa Door Close dilaksanakan pada ETD-5 menit
·        Berkoordinasi dengan Departure Control untuk menentukan Delay Code (kode keterlambatan) berdasarkan kondisi aktual dilapangan
·        Berkoordinasi dengan unit terkait untuk mengakomodasi permintaan tambahan peralatan (misal : GPU, GTC, AC Car, tangga maintenance dll).

No comments:

Post a Comment